Translate

Sunday, November 29, 2015

Isyana Sarasvati - Explore!

"Bila memang harus berpisah,
Aku akan tetap setia.
Bila memang ini ujungnya,
Kau 'kan akan tetap di dalam jiwa."

Hello, world!
Long time no see, again!

Kali ini saya akan membahas...
Silakan lihat lirik lagu di atas.
Lirik lagu di atas tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita. Lagu ini dipopulerkan, sekaligus diciptakan oleh seorang penyanyi muda, perempuan, dan bermultitalenta. Tentunya masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi dengan nama ini:
Isyana Sarasvati
Isyana Sarasvati.

Mungkin namanya masih terdengar baru di kalangan musik tanah air. Sekarang siapa yang tidak mengetahui sosok wanita muda ini? Hampir setiap hari lagunya terdengar di manapun kita berada, sehingga kita pun jadi merasa lagunya yang ini sekarang sudah tidak asing lagi. Satu lagu hits-nya berbahasa Inggris, dan satunya lagi berbahasa Indonesia, yang dua-duanya sedang meledak di pasaran. Betul sekali, kedua lagunya, yang berjudul "Keep Being You" dan "Tetap Dalam Jiwa" sedang meledak di pasaran musik Indonesia saat ini, terutama "Tetap Dalam Jiwa" yang diputar di radio-radio setiap hari, dan kedua lagu ini sukses menjaring penggemar dari berbagai macam usia. Bahkan, sampai ada fans club khusus untuk penggemar Isyana, yang diberi nama "Isyanation".
"Keep Being You" Lyric Video

"Tetap Dalam Jiwa" Live Performance dalam acara "Ini Talk Show" pada tanggal 10 Agustus 2015

Dan siapa yang nggak tersihir dengan karyanya? Saya pun juga mulai menyukai dan mengagumi wanita ini, dan perlahan-lahan menjadi penggemar dari wanita yang super hebat ini. Pertama-tama, saya mengetahui sosok wanita ini dari lagu "Tetap Dalam Jiwa" (pastinya, dan tentunya sebagian besar penggemar baru dari Isyana juga mengetahui siapa penyanyinya dari lagu ini),
dan saya pun mencari tahu tentangnya di Internet. Setelah saya lihat-lihat biodatanya, saya semakin kagum dengan semua prestasinya. Bayangkan saja. Sudah bersuara ala opera (yang tingginya bisa 2 atau 3 oktaf lebih tingi dari suara kita), wanita yang lahir di Bandung pada tanggal 2 Mei 1993 ini merupakan lulusan luar negeri (dan beasiswa juga), berprestasi mewakili negara dalam ajang kompetisi musik internasional, lagu-lagunya terkenal pula. Impressive, right?
Dan baru-baru ini terdapat kabar gembira juga untuk para penggemar Isyana Sarasvati, karena album solo perdananya, yang berjudul "Explore!" sudah beredar di bawah naungan Sony Music Entertainment, melalui pre-order dalam situs jual-beli di Indonesia, Tokopedia. Masa pre-order album ini mulai pada tanggal 11 November dan sudah berakhir pada tanggal 22 November lalu. Durasinya memang termasuk lama, 11 hari. Dan ternyata, peminat untuk pre-order ini banyak sekali.
https://www.tokopedia.com/isyana-explore
Pre-order album solo perdana Isyana Sarasvati "Explore!" (silahkan klik gambar untuk mengunjungi site Tokopedia)
Sebagai penggemarnya, siapa yang tidak senang mendengar kabar baik ini? Saya pun langsung membeli albumnya begitu mendengar kabar ini. Bayangkan! Sudah membeli CDnya, ada foto-fotonya di dalam album, ditandatangani pula. Keren bukan? Saya sebenarnya berharap kalau ada bonus lain berupa poster dan sejenisnya, tetapi tidak apa.
Dan setelah masa pre-order berakhir, 3 hari kemudian, saya pun menerima paket dari Tokopedia yang berisi CD yang sudah ditandatangani langsung oleh Isyana sendiri. Berhubung saya memesan 2 buah CD Regular dan 1 CD Deluxe, paket pun sampai ke tangan saya sesuai dengan jumlah album yang saya pesan, ditambahkan dengan stiker bulat yang bergambar Isyana dan Tokopedia. How does it feel? Betapa senangnya menerima paket ini. Woah! Siapa yang nggak senang menerimanya? Itu pasti! Saya pun langsung mendengarkan CDnya berulang-ulang. Mungkin terkesan berlebihan, tapi, beginilah, aksi dan reaksi dari seorang penggemar.

Berikut ini video yang berisikan preview dari lagu-lagu yang terdapat dalam album "Explore!":

Setelah mendengarkan semua lagu-lagu yang terdapat dalam album ini, yang menjadi favorit saya sejauh ini adalah:
(masih tetap) Keep Being You, Tetap Dalam Jiwa, Tap Tap Tap, All Over Me, The Way I Love You, Kau Adalah, dan All or Nothing.
Menurut saya pribadi, saya sangat menyukai lagu-lagu yang terdapat dalam album ini. Bermacam-macam lagu di dalamnya, bermacam-macam pula gaya yang ada dalam setiap lagu. Saya pun mempunyai satu buah opini tentang albumnya: Kreatif. Kenapa kreatif? Karena seperti yang saya sebutkan, lagu-lagunya mempunyai gaya atau nuansa yang berbeda-beda, mulai dari ballad, R & B, dan nuansa pop, sehingga konsep yang terdapat dalam album ini tidak monoton, karena itu juga pendengarnya tidak bosan mendengarkan lagu-lagu dalam album ini.

Dan baru-baru ini, single ketiga dari album "Explore!" sudah diluncurkan ke stasiun radio, yang berjudul "Kau Adalah", yang dinyanyikan bersama Rayi RAN. (2 lagu sebelumnya juga merupakan single dalam album yang sama.) Silahkan dengar lagunya dalam video di bawah:

Dan baru-baru ini, Isyana baru saja mengadakan pertunjukannya di Mall Kelapa Gading, pada hari Sabtu, tanggal 28 November lalu. Mumpung mall ini termasuk dekat dengan lokasi saya, tentunya saya pun langsung mengunjungi mall tersebut. Lumayan!
"Common Point" event at Mal Kelapa Gading, Jakarta, with performance by Isyana Sarasvati on 28th November 2015 and by Adera on 29th November 2015
Siapa yang menyangka bahwa 1 jam saja sebelum acara dimulai, lokasi acara sudah dipadati dengan ratusan orang penonton? Bahkan, ada juga beberapa anggota Isyanation yang berada di lokasi yang sama. Ini tandanya, Isyana memang sukses di dunia musik, biarpun ia belum lama menekuni karirnya sebagai seorang penyanyi.
Isyana pun masuk ke panggung membawakan lagu "Rather Be" yang ia mainkan sendiri dengan keyboard diiringi oleh group bandnya, yang diikuti oleh semua penonton (termasuk saya! haha.), dilanjutkan dengan "Keep Being You" dan "Tetap Dalam Jiwa".
Selanjutnya ia membawakan "Kau Adalah", tanpa Rayi, sehingga ia pun menyanyikan semua bagiannya sendiri, dan tentunya, diikuti juga oleh penonton merangkap penggemarnya. Ketiga lagu sebelumnya, kecuali "Rather Be", merupakan single yang terdapat di dalam album solo perdananya.

Siapa yang menyangka (lagi), bahwa setelah lagu "Kau Adalah" selesai, Isyana ternyata akan menyudahi pertunjukannya? No way. Tapi ternyata, ia pun melanjutkan dengan lagu terakhir berupa medley yang berisikan lagu "What Do You Mean?" dan "Cheerleader". Perlu dicatat, bahwa semua lagu ia mainkan sendiri dengan keyboard dan tentunya juga diiringi oleh group band yang juga berada di lokasi.
Setelah medley berakhir, Isyana pun berfoto ria dengan para penggemarnya, dengan pose di atas panggung sementara kami-kami ini, sebagai penonton, menjadi "background" fotonya, setelah itu acara pun berakhir.
Dalam hati saya berpikir, kenapa acaranya hanya sesingkat ini? Ini namanya, kalau lokasinya saja ramai seperti ini sih boro-boro menghampiri dia langsung, apalagi berfoto bersama. Tetapi untuk saya, melihat pertunjukannya (sekaligus dirinya) langsung saja sudah membuat saya senang sekali, dan saya pun semakin kagum dan terpukau dengan sosok seorang penyanyi merangkap pencipta lagu yang bernama Isyana Sarasvati.

Sekian untuk post tentang Isyana Sarasvati dari saya, saya meminta maaf yang sebesar-besarnya jika terdapat kesalahan dalam postingan saya ini.
Thanks for reading this long post and I hope you enjoy!

Credits:
Isyana's photo credit goes to kompas.com

"Common Point" event picture credit goes to Mall Kelapa Gading's official Twitter account

Isyana's Tokopedia advertisement picture credit goes to marketeers.com and tokopedia.com

Isyana's album cover credit goes to iTunes.

Isyana's "Keep Being You" Lyric Video credit goes to Sony Music's YouTube channel.

Isyana's "Tetap Dalam Jiwa" performance video credit goes to Ini Talk Show / NET TV.

Isyana's album preview video credit goes to Isyana's YouTube channel.

All of music credits of Isyana belongs to Sony Music and iTunes.

2 comments: